Gelar Bahtsul Masail, LBM Kalipare Bahas Masalah Syarat dan Kriteria Wali Nikah

Suasana Bahtsul Masail Yang DIadakan Oleh LBM MWCNU Kalipare. (Foto: Nukita)

NUKITA.ID, MALANG – Suara lantunan ayat-ayat suci Al-Qur'an mengawali pembukaan kegiatan Lembaga Bahtsul Masail (LBM) Kecamatan Kalipare. Gelaran yang dilaksanakan di musholla H.  Fauzan Ahmad dusun Krajan Desa Kalipare ini membahas tentang "syarat sah dan kreteria menjadi wali nikah", Rabu malam (30/9).

"Karena masih banyak warga kecamatan kalipare yang kurang memahami secara terperinci tetang hal tersebut. Sehingga bahasan wali nikah ini penting untuk dicarikan solusinya pada LBM kali ini," terang Gus Lubabun Ni'am, ketua LBM Kalipare.

Kegiatan rutinan yang dilaksanakan setiap satu bulan sekali ini dihadari oleh kiai dan ustaz dari 9 desa yang ada di wilayah Kecamatan Kalipare, serta KUA Kalipare . Semuanya hadir guna saling mendukung dan mensukseskan acara ini.

Sementara itu, bertindak sebagai Mushohih LBM kali ini yaitu, KH. Noor Shodiq Achroo (sesepuh MWC NU Kalipare sekaligus pengasuh Ponpes Shirotul Fuqoha II ngembul Kalipare) dan Drs. H. Zubaidi (KUA Kalipare).

Walaupun sempat di guyur hujan, kata Gus Ni'am, hal ini tidak mengurangi semangat para pencinta ilmu guna mendapatkan keberkahannya. Hal ini terlihat antusiasme anggota yang hadir dalam kegiatan tersebut.

"Kegiatan ini sebagai sarana untuk memupuk dan melestarikan ajang silaturrahim dan merekatkan para ustaz dan kiai untuk saling menguatkan dalam pengamalan ajaran aswaja an-nahdiyah yang saat ini sangat gencar di bid'ah2 kan oleh aliran transaksional," lanjut Gus Ni'am

Menurut Gus Ni'am, saat ini LBM Kalipare tengah mengumpulkan hasil bahtsul masail yg kelak akan dituis dalam bentuk buku. Sehingga akan ada hasil yang kongkrit.

Kegiatan yang dimulai sejak pukul 20.00 diikuti dengan penuh antusias oleh para anggota musyawirin terbukti acara yang berkahir pukul 22.00 terasa sangat cepat tanpa ada rasa jenuh dan bosan dari para peserta. Rangkaian Kegiatan ini diakhiri dengan doa bersama yg dipimpin langsung oleh KH Noor Shodiq Achrom.(*)

Comments